Writer’s Block dan Cara Saya Mengatasinya

Writer’s block, para penulis mungkin sudah familiar sekali dengan istilah ini atau mungkin teman-teman sering mengalami ini tapi belum tahu istilahnya.

Writer’s block adalah sebuah kondisi yang terjadi saat menulis. Writer’s block menyebabkan seseorang tidak bisa berpikir tentang apa yang harus ditulis. Biasanya, bila topik yang ditulis kurang menarik bagi penulis, maka semakin besar kemungkinan writer’s  block terjadi.

Saya termasuk orang yang sering mengalami writer’s block. Mau menulis tapi terasa mentok, ga punya ide kreatif untuk dituangkan ke dalam tulisan.

Penyebab  writer’s block

Photo credit: Google

Writers’ block bisa ada banyak penyebabnya. Kalo untuk saya, biasanya writer’s block terjadi karena:

  • Timing alias waktu yang ga tepat untuk menulis. Nulis saat lagi banyak pikiran, mikirin cucian, mikirin gosokan, dll bikin ga konsen dan ide tulisan ga keluar
  • Ingin perfeksionis. Pengennya bikin tulisan yang bagus, di kepala dah ada konsep. Tapi konsep ini cuma muter-muter aja di kepala eh pas mau di tulis, ide itu menguap ga tau kemana.
  • Rasa takut. Kadang muncul rasa takut kalo-kalo tulisan saya akan dikritik, jadinya ini menghambat saya menulis.

Cara mengatasi writer’s block

Photo credit: Google

Menurut saya solusi writer’s block ga pernah sama. Saat saya mengalami writer’s block, kadang solusi untuk writer’s block yang saya alami hari ini beda dengan solusi writer’s block yang saya alami minggu lalu.

Nah, berikut ini beberapa solusi untuk atasi writer’s block:

Refreshing

Writer’s block ibarat kurang piknik, jadi solusinya ya refreshing. Refreshing di sini ga harus dengan jalan-jalan jauh. Yang penting keluar rumah aja, muter-muter di taman dekat rumah. Ini dah cukup menambah oksigen ke otak supaya bisa difungsikan  kembali.

Baca cerita saya tentang jenuh, ditolak, dan bersyukur.

Singkirkan semua gangguan

Suara TV, meja kerja acak-acakan, dan ruangan yang berantakan akan terasa sangat mengganggu. Jadi saya usahakan untuk menulis di tempat yang tenang dan tidak berantakan. Setidaknya nih, meski rumah berantakan, saya ga ngelihat langsung berantakan itu di depan mata saya saat saya ngadepin laptop.

Minum kopi

Photo credit: Google

Saya ngerasa lebih rileks kalo minum kopi, jadi buat saya ini bisa jadi solusi untuk mengatasi writer’s block.

Ganti suasana

Biasanya saya ngetik di ruang tengah, tapi sesekali saya mengganti suasana dengan ngetik di kamar atau di teras depan rumah.

Surfing

Misalnya harus nulis tentang sesuatu yang rada berat topiknya, terus mandek idenya, ya udah, saya luangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk browsing tentang sesuatu yang menarik. Kadang saya nonton video lucu atau baca cerita humor.

Pasang quote motivasi

Kata-kata motivasi bisa bikin kita semangat lagi, termasuk dalam hal menulis. Saya suka ganti-ganti kata-kata motivasi yang bisa mendorong saya untuk menemukan ide menulis dan mengeksekusinya.

Ada banyak lagi solusi atasi writer’s block yang mungkin beda untuk tiap orang. Semoga tips ini bisa bermanfaat ya… 🙂

Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *